Ada sangat banyak macam produk printing yang dengan automatis ikut melejitkan indutri kertas dalam dunia. Anda akan tidak yakin begitu beragamnya type serta type kertas yang di produksi beberapa pabrik di beberapa negara. Ingin bukti? Datangi saja toko buku paling dekat. Apa Anda ingin cetak kartu nama, photo, atau dokumen biasa saja, itu punya pengaruh pada type kertas yang digunakan. Supaya makin memperluas wacana mengenai macam kertas yang ada, baca yuk kertas premium apa sich yang dapat didapati di market.

  1. Pemium Glossy Foto Paper

Type kertas yang biasa dimaksud dengan high glossy ini adalah kertas yang dipakai untuk menyetak foto memiliki resolusi tinggi. Permukaan kertasnya halus serta begitu mengkilap hingga bisa memantulkan sinar. Sebab sifatnya yang glossy itu barusan, kertas ini condong gampang lengket, riskan gores serta berbekas sidik jari.

  1. Laster Foto Paper

Laster foto paper umumnya dipakai untuk kepentingan dokumenter sebab type kertas ini begitu awet bahkan juga dapat bertahan sampai beberapa puluh tahun. Permukaan kertas yang serupa kulit jeruk jadi keunikan yang membedakannya dengan type kertas photo lainnya. Ciri-ciri yang jadi keunggulan dari type kertas ini hasil bikin tidak gampang sirna, dapat membuahkan dampak doff, serta begitu pas untuk foto dengan resolusi tinggi.

  1. Aquarello

Tone warna kertas Aquarello lebih kuning daripada beberapa jenis kertas lainnya, apabila diraba semakin lebih berasa kembali struktur garis horizontal pada ke-2 sisinya. Type kartu semacam ini pas untuk dipakai menjadi bahan printing beberapa type kartu, seperti kartu nama, kartu perkataan sampai kartu undangan.

  1. Tintoretto

Kertas Tintoretto ini mempunyai struktur yang mirip kulit jeruk serta banyak dipakai untuk kepentingan bikin undangan, sertifikat sampai bebagai keperluan printing bahan marketing yang lain. Umumnya orang pilih warna broken white atau off white untuk jadikan kartu nama, akan tetapi masih tetap ada pilihan warna lainnya seperti krem jika memang diperlukan.

  1. Splendorgel

Splendorgel ialah type kertas sangat favorite di kelas premium dengan permukaan halus pada ke-2 sisinya. Dengan warna basic putih, kertas type ini baik untuk pengaplikasian blok warna. Ciri-ciri kertas yang lembut membuat Splendorgel pas untuk jadikan material bikin beberapa jenis produk salah satunya kartu nama, greeting card, kartu undangan, sampai kertas untuk cetak photo.

  1. Linen

Type kertas linen terdiri jadi dua yakni linen Jepang (lokal) & linen Holland (import). Penampilan kertas linen ini begitu serupa dengan kertas buffalo yang berkesan mempunyai permukaan yang kasar, hingga kadang dapat memusingkan bagaimana membedakannya. Type kertas linen tidak hanya dapat dipakai untuk kartu nama dapat juga dipakai untuk bikin cover agenda, catatan atau buku.

  1. Nettuno

Kesan-kesan artistik pada type kertas ini didapat dari struktur garis-garis yang serupa dengan ciri pada type kertas Aquarello. Jika dipakai menjadi kartu nama serta dipadankan dengan design logo ataupun tulisan yang minimalis akan tampak bagus dipakai oleh corporate ataupun perorangan. Selai itu kertas Nettuno dapat juga dipakai untuk cetak kalender, rincian menu, atau lembaran brosur.

  1. BW

Kertas BW (Blues White ) dikenal juga menjadi kertas BC atau kertas manila dengan ciri-ciri yang lebih serupa kertas gambar, dikit kaku akan tetapi gampang ditulisi. Pilihan ketebalan kertas BW ini diawali dari 160 gsm, 220 gsm, serta 250 gsm hingga dapat sesuai jadi kartu nama, booklet atau kalender.